Tahukah Anda?

Oleh: Hariswan
Dalam beberapa bulan terakhir ini mungkin para anggota keluarga besar “MBAH OKO” di Indonesia merasa heran dengan keseriusan, ketekunan dan kesabaran kakanda HM. Saihan untuk mengumpulkan biodata dari seluruh anggota keluarga besar dari garis keturunan Eyang Putri MARLIYAH yang bertebaran di seantero Nusantara, dan tak pelak lagi begitu pulalah yang mungkin dirasakan oleh pihak anggota keluarga besar HAJI RAIS yang berada di Malaysia pada saat saudara mereka H. Zulkifli Zahari melakukan hal yang serupa di sana. Sebenarnya ada apakah gerangan di balik semua ini?

Untuk menghilangkan semua tanda-tanya yang masih ada di benak kita masing-masing, perlu rasanya kami balik bertanya kepada kaum kerabat semuanya, baik yang ada di Indonesia maupun di Malaysia. Tahukah anda bahwa antara keluarga besar MARLIYAH di Indonesia dan keluarga besar HAJI RAIS di Malaysia terdapat hubungan keluarga sedarah sedaging yang sangat kental? Berapa banyakkah di antara masing-masing kita yang sudah pernah bertemu dan bertatap muka dengan sanak keluarga kita yang berada di seberang sana? Tahukah anda kalau hubungan keluarga sedarah ini sudah ada selama lebih kurang dua ratus tahun? Patutkah kita berdiam diri dan membiarkan keadaan ini terus berlangsung hingga seratus tahun lagi? MasaAllah...!

Nah...., dalam upaya mulia untuk mempertautkan kembali jalinan tali temali seluruh sanak keluarga kita yang telah saling terpisah selama hampir dua abad serta keinginan luhur keduanya untuk dapat segera mempersatukan silsilah kedua kelompok keluarga dalam satu buku besar yang kelak akan diwariskan kepada generasi berikutnya, maka inilah pada hakekatnya yang telah menggerakkan hati kedua saudara terkasih kita yaitu H. Zulkifli dan HM. Saihan untuk memulai amanah ini dengan penuh kegigihan, keseriusan, kesabaran dan keikhlasan mereka yang luar biasa.

Alhamdulillah, berkat pengertian, dukungan serta kesadaran yang sangat besar dari sanak keluarga kita semua, saat ini buah dari usaha mulia daripada mereka berdua tampaknya telah mulai berjaya.

Perlu anda ketahui bahwa dalam upayanya untuk menghimpun dan mempertautkan seluruh sanak keluarga yang ada di semenanjung Malaysia, saudara kita H. Zulkifli Zahari telah berjaya menghimpun dan menuliskan silsilah keluarga dalam bentuk lembaran-lembaran kertas yang tersambung menjadi selembar kertas ukuran super size dimana setiap kali ada perhelatan atau pertemuan keluarga, silsilah besar ini selalu di pajang di dinding ruang keluarga sehingga semakin lama semakin banyak anggota keluarga yang dapat memahami kedudukannya didalam rantai keluarga besarnya masing-masing, sehingga ungkapan seperti ini tidak perlu terjadi: “Alamak..!, jadi selama ini aku salah sebut, ternyata aku musti panggil pa’ long kepada si A”, atau... “MasyaAllah., rupaya yang selama ini kuanggap pacar ternyata masih sepupu dengan aku!” dan...,begitulah seterusnya!

Di samping itu, untuk memudahkan akses bagi semua anggota dan sanak keluarga di manapun ANDA berada, dan yang ingin mengetahui silsilah keluarga mereka masing-masing di dunia maya (cyber world), beliau juga telah berjaya meng-archive rangkaian silsilah dalam bentuk pohon keluarga raksasa yang berisikan 3.467 nama anggota keluarga besar di Malaysia saja, di mana pada saat ini dengan mudah sudah boleh di akses dan.. bilamana dianggap perlu maka anggota keluarga (yang nama dan alamat emailnya ada tercatat didalamnya), boleh meng-edit/uploading photo keluarga ataupun berkirim berita dengan saudaranya yang lain dengan syarat bahwa nama dan emel addressnya juga tercatat didalam archieve besar itu. Nah, sekarang anda sudah fahami mengapa pak Zul kita ni dengan gigih berupaya memperoleh emel address anda bukan?

Bagi para sanak keluarga di semenanjung Malaysia yang ingin tahu lebih banyak lagi mengenai rantai silsilah daripada keturunan HAJI RAIS di website, silahkan browsing ke: www.geni.com/login menggunakan ID & password (private) anda, dan seandainya belum juga terbuka, harap kirim email kepada H. Zulkifli Zahari dengan ID zul_tiger60@yahoo.com.my dan dapatkan sendiri bagaimana caranya. Akhirnya, untuk melengkapi itu semua, H. Zulkifli juga telah pula menerbitkan satu blog keluarga dengan tajuk Air Dicincang Tak Akan Putus, di mana setakat ini sudah ramai dikunjungi oleh sanak keluarga baik yang ada di Malaysia maupun Indonesia. Dalam blog keluarga ini, sudah banyak tersimpan beragam data keluarga berupa archieves photos, berita keluarga dll. Untuk dapat mengaksesnya, sila browse ke alamat: http://hjrais.blogspot.com.

Bagaimana dengan keluarga besar HAJI RAIS di Indonesia?

Sebagai upaya agar dapat mengejar ketinggalan daripada upaya besar dan mulia seperti yang sudah dilakukan oleh H.Zulkifli di Malaysia, maka atas inisiative dan petunjuk dari HM. Saihan, pihak keluarga besar HAJI RAIS yang ada di Indonesia juga telah memulai upaya yang sama persis seperti apa yang sudah dilaksanakan oleh H. Zulkifli sebelumnya.

Dari hasil pengumpulan data keluarga yang sudah terhimpun dalam beberapa bulan terakhir ini, silsilah dalam bentuk pohon keluarga (Family Tree) dari keluarga besar HAJI RAIS versi Indonesia juga sudah mulai terangkaikan dan sudahpun dapat diakses/edit/update di dalam web-site: www.geni.com

Diharapkan dalam waktu yang tidak berapa lama lagi, silsilah keluarga besar HAJI RAIS di Indonesia akan terus tumbuh dan tumbuh terus seiring dengan biodata keluarga yang berhasil dihimpunkan dan...., sesuai dengan harapan kita semuanya...., Insya Allah, pada saatnya nanti kedua pohon besar atau Family Tree daripada kedua keluarga besar HAJI RAIS yang berada di kedua negeri akan dapat dipertautkan menjadi satu Pohon Keluarga raksasa dwi-tunggal sehingga seluruh sanak keluarga besar HAJI RAIS, tak perduli di manapun mereka berada, akan dapat memulai kunjung mengunjungi atau saling berkirim berita dengan saudaranya yang lain melalui fasilitas email, album photos, comment yang sudah tersedia di dalam archieves pohon keluarganya masing-masing di Geni.com.

Jika pihak keluarga di Malaysia yang dimotori oleh H. Zulkifli telah memiliki satu blog keluarga yang bertajuk Air Dicincang Tak Akan Putus, maka dalam upaya agar seluruh sanak keluarga dapat terus saling berhubungan secara intens satu dengan lainnya, maka atas amanat dari HM. Saihan dan juga atas dukungan sepenuhnya daripada H. Zulkifli, akhirnya kamipun memberanikan diri untuk menerbitkan satu blog keluarga bertajuk Tanjong Pura di mana di dalamnya terdapat laman dengan berbagai topik yang diharapkan dapat bermanfaat bagi kita semua, diantaranya adalah: Madrasah Kita; Kedai Kopi; Bani Minhad; dan lain-lain. Alhamdulillah..., kedua blog keluarga ini sudahpun terhubung menjadi satu karena sudah di-Links satu sama lainnya atau dengan kata lain, dari blogspot keluarga manapun anda masuk, maka anda akan selalu terhubung dengan blog keluarga kembarannya yang lain.

Sesungguhnya, blogspot Tanjong Pura adalah perwujudan daripada blogspot Air Dicincang Tak Akan Putus karena dengan keberadaannya, kita semua akan dapat senantiasa saling terhubung sehingga niat dan harapan yang lama sudah tersimpan didalam hati saudara kita H. Zulkifli pada saat memulai pembikinan blog keluarga tersebut, saat ini sudahpun terkabulkan dan menjadi nyata. 

Sekarang..., semuanya terpulang kepada kita masing-masing! Apakah usaha mulia dan kerja keras yang telah dilakukan oleh kedua saudara kita tercinta ini akan sia-sia belaka atau apakah ianya dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada kita semua? jawabnya..., terserah anda!

Akhirul kata, marilah kita menadahkan tangan dan berdoa ke hadirat Allah SWT, kiranya Allah Azza Wajala yang Maha Rahmaan dan Maha Rahiim dan yang menyukai hambanya yang suka menyambungkan tali silatur-rahiim, agar senantiasa melimpahkan karunia rahmat kepada kita sekalian dan semoga amal sholeh berupa ikhtiar mulia yang telah dikerjakan oleh kedua saudara kita H. Zulkifli dan HM. Saihan untuk mempersatukan kita semua yang telah terpisahkan selama berabad sebelumnya akan memperoleh ganjaran pahala serta menjadi keberkahan bagi kita semua. Dan semoga mulai saat ini kita semuanya sanak saudara daripada keturunan HAJI RAIS akan dapat memulai babak baru dalam kehidupan kita yaitu babak baru untuk saling kunjung-mengunjungi, sesuai dengan ayat Al-Qur’an yang tertulis dalam mukaddimah (front page) blogspot Air Dicincang Tak Akan Putus.


Amin, yaa Robbal ‘alamiin.

Posting Komentar

0 Komentar