Selamat Bergabung Di Geni Dot Com!

Bicara pasal Silsilah Keluarga, rasanya tidak afdhol kalau kita tidak bicara juga pasal Geni. Karena meski ada banyak situs yang menyediakan fasilitas penyusunan pohon keluarga (Family Tree) yang bebas Anda pilih, tetapi khusus untuk keluarga kita, sampai saat ini kelihatannya Geni yang dijadikan rujukan.

Bagi yang sudah piawai "berselancar" ke sana-sini di dalam Geni tentu tidak ada masalah lagi kecuali tinggal mengumpulkan point terbanyak sebagai juara input, juara edit dlsb. Tapi bagi yang masih merasa kagok, lieur, bahkan jengkel mengoperasikan fasilitas yang disediakan oleh Geni; berikut adalah beberapa catatan kecil yang terlewat dari FAQ (Frequently Asked Questions) untuk Anda coba.

Q: Bagaimanakah cara ..... dst

A: Begini:

1. Buka www.geni.com

2. Login 
Login dengan menggunakan email address yang sudah dikenal oleh Geni (ini bisa Anda yang pada awalnya memberi input, atau salahseorang keluarga yang melakukannya untuk Anda. Misalnya untuk dinda Nila: murnilamazli@yahoo.com atau untuk kanda Agus Syahruddin: agus_suhairy@fanbox.com). Jika belum memiliki password, klik Dont know your password? di bawah kolom login. Geni akan meminta anda untuk memasukkan email address ke mana password semantara anda akan dikirimkan. Klik Submit lalu buka mailbox di email address yang anda masukkan tadi guna mendapatkan password dimaksud. Lalu kembali ke Geni untuk login dengan menggunakan email address yang sama dan password sementara yang baru diperoleh tadi. Sesi pertama ini Geni akan meminta anda memasukkan password permanen anda (tentunya sesuai selera sendiri) yang selanjutnya akan digunakan untuk mengakses file keluarga anda di Geni. Selesai klik Submit di sini, Geni akan menampilkan halaman pribadi anda!

3. Halaman Pribadi 
Di bagian tengah halaman ini anda akan melihat berita-berita yang berhubungan dengan keluarga anda. Semua teks nama-nama orang dan objek yang berwarna biru bisa diakses ke alamatnya masing-masing. Di bagian kanan halaman bisa dilihat pesan-pesan untuk anda, sementara di bagian kiri halaman tersedia utilities untuk mengelola isi file pribadi anda. Perhatikan bagian atas halaman ini. Menu utama yang tersedia adalah Home | Tree | Profile | Timeline | Photo.

4. Tree
Jika anda klik Tree, maka Geni akan menampilkan family tree yang berhubungan langsung dengan anda. Perhatikan, pada halaman ini tersedia menu bantu (di bawah menu bar Tree) untuk memudahkan anda mencari anggota keluarga yang berhubungan dengan family tree anda. Cobalah klik List atau Index untuk mencari mereka.

5. Profile
Jika anda klik Profile, Geni akan menampilkan, tentu saja profil termasuk foto profil anda (jika sudah diupload). Perhatikan menu bar berwarna biru di sebelah kiri halaman ini. Cara paling mudah untuk meng-up-date profil anda adalah dengan menggunakan menu Edit Profile yang ada di sini. Cobalah! Tapi ingat, jangan lupa untuk selalu klik slahsatu dari Save & Close atau Save & Continue di bagian bawah halaman yang sedang anda edit tiap kali selesai meng-up-date data.

6. Timeline
Halaman ini mencatat semua kejadian-kejadian penting berikut tanggal yang berhubungan dengan keluarga anda. Anda bisa menggunakan utilities yang tersedia di sini untuk menambah, mengedit, atau update kejadian-kejadian tersebut.

7. Photo
Boleh jadi ini adalah halaman yang paling mudah untuk dikelola, atau bahkan mungkin paling "nyelimet". Jika ternyata anda lebih setuju pada pendapat kedua, silahkan kirim pertanyaan anda melalui email ke tanjungpura@operamail.com

Jika Anda masih enggan bersusah payah mengikuti prosedur di atas tapi tokh, ingin masuk juga ke Geni, coba gunakan akses login berikut ini:

email: visitors@operamail.com
password: login

SELAMAT MENCOBA!



Posting Komentar

0 Komentar